Beragam Jenis Makanan Khas Spanyol yang Enak dan Terkenal

Advertisements

Tidak hanya Negara Indonesia saja yang memiliki makanan khas Spanyol pun juga ada. Walaupun tampak asing bagi warga Indonesia tetapi makanan khas Spanyol memiliki taste sendiri yang berbeda dari rasa di Nusantara. Lalu seperti apakah gambaran umumnya?

Makanan Khas Spanyol dari Appetizer, Main Course, dan Dessert

Seperti yang Anda ketahui bahwa masyarakat barat memiliki kebiasaan makan berbeda dengan kebanyakan warga Indonesia.

Mereka selalu disiplin dalam menyediakan hidangan pembuka, utama hingga penutup. Berikut ini beberapa masakan Spanyol yang menjadi ciri khasnya:

1. Tortilla Espanola, Telur Dadar ala Spanish

makanan khas spanyol tortilla

Terkenal sebagai omelet Spanyol, memiliki bahan dasar telur dan kentang sehingga menjadikannya sebagai appetizer atau main course.

Bentuknya sangat mirip dengan telur dadar khas padang, tebal berisi kentang menjadikannya sumber karbohidrat untuk steak jika dijadikan menu utama.

Jika menjadikannya makanan pembuka juga sangat bisa, karena memang memiliki tema ringan sehingga biasanya tortilla espanola ini dimakan saat sarapan atau sebagai cemilan di musim dingin.

Rasa gurih dari telur dan kentang bercampur menjadi satu dengan spices khas Spanyol.

2. Empanadas Kue Pastel Khas Spanyol

Empanadas Kue Pastel Khas Spanyol

Di Indonesia makanan dari Spanyol satu ini sering disebut sebagai pastel, bedanya terlihat jelas dari isi, bumbu hingga perannya.

Empanadas tersebut dijadikan masyarakat Spanyol sebagai makanan utama atau main course sehingga terkadang mereka memakannya untuk sarapan bahkan makan malam.

Jika di Indonesia pastel memiliki peran sebagai cemilan karena memang bentuknya kecil dan isinya hanya wortel paling tinggi menggunakan seperempat telur rebus.

Empanadas memiliki gizi sempurna, karbo dari tepung adonannya, isinya berupa daging giling dibumbui dengan rempah khas Spanyol.

3. Patatas Bravas

patatas bravas masakan spanyol

Patatas is mean potatoes in Spanish, bahasa Indonesianya kentang. Patatas bravas sering dijadikan masyarakat Spanyol sebagai hidangan pembuka atau appetizer.

Artinya sudah jelas bahwa bahan dasarnya adalah kentang, simple but this food is one of favorite Spanish food must try cook at home.

Karena sederhana, membuatnya pun sangat mudah. Ciri khas dari makanan ini adalah potongan kentangnya yang dibuat besar seperti pada potato wedges, lalu dibumbui dengan rempah khas Spanyol dan disiram saus dari tomat asli dicampur mayonaise. Beberapa orang juga akan menambahkan telur.

4. Churros con Chocolate yang Manis dan Crunchy

churros spanyol

Siapa yang tidak tau tentang cemilan manis satu ini. Ternyata tanah kelahiran dari churros adalah Spanyol. Disana penyajiannya selalu menggunakan coklat sehingga mereka sering menjadikannya menu sarapan ringan serta sehat.

Bentuk dan rasa sama persis dengan churros di Indonesia.

Tidak ada resep tambahan untuk adaptasi churros karena memang bahan dasarnya mudah serta semua dunia memilikinya, yaitu tepung, garam dan gula.

Setelah itu adonan digoreng di dalam minyak panas, lalu akan ditabur dengan gula halus dicampur bersama kayu manis bubuk, perfect breakfast.

5. Paella, Nasi Goreng Seafood ala Spanyol

paella makanan tradisional spanyol

Spanyol juga punya nasi goreng, yaitu Paella. Pada dasarnya, Paella merupakan adaptasi dari nasi goreng seafood hanya saja beberapa resep menambahkan saffron. Bumbunya mereka menambahkan cincangan tomat kaleng serta parsley.

Jadi sudah bisa terbayang rasanya akan berbeda dari Indonesia.

Karena penambahan saffron dan tomat, paella memiliki warna kuning khas. Jika di Indonesia nasi gorengnya dicampur dengan olahan seafood yang dipotong kecil, paella memiliki versi whole of seafood dan hanya memakai kerang, udang lalu masih menambahkan ayam tanpa disuwir.

Terlepas dari makanan khas dari Spanyol, semua Negara bahkan di daerahnya masing-masing akan memiliki ciri khas tersendiri dalam menyajikan masakan.

Dari rasa sampai aroma pasti akan berbeda, sehingga jangan dijadikan perbandingan antara Negara satu dengan lainnya karena jelas berbeda.

Baca juga: Istana Versailles Perancis

Dessert Manis dari Makanan Khas Spanyol yang Halal

dessert khas spanyol

Setiap Negara menyediakan makanan halal termasuk Spanyol. Hal ini karena Spanyol menjadi pusat sejarah Islam terbesar di Eropa tepatnya di Cordoba yang merupakan ibukota dari provinsi Andalusia. Walaupun sedikit tetapi sebagian masyarakat adalah muslim.

Crema Catalana adalah salah satu dessert khas Spanyol mirip crème brulee dari Perancis. Perbedaannya terletak pada bahan dasar, yaitu menggunakan krim dengan aroma vanilla, sedangkan crema catalana memakai susu aromanya berasal dari kulit lemon dan kayu manis. Cara masaknya sama.

Dessert ini masuk kedalam daftar salah satu makanan halal dari Spanyol karena sudah sangat jelas terlihat dari bahan-bahannya.

Jika Anda menelan ludah saat melihatnya, bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah karena bahannya cukup mudah ditemukan dimana saja.

Beberapa informasi makanan khas Spanyol yang sudah tertulis di atas, dipilih berdasarkan bahan-bahan halal sehingga juga dapat dijadikan alternatif pilihan Anda saat menyambangi Negara dengan ibu kota Madrid, yang merupakan pusat olahraga sepak bola dunia.