agar-anak-doyan-makan

4 Cara agar Anak Doyan Makan, Dijamin Ampuh

Bagaimana cara agar anak doyan makan? atau Anda bingung karena anak tidak doyan makan? Kadang-kadang anak memang lebih suka bermain daripada duduk di meja dan menyantap makanan.

Padahal mereka butuh nutrisi yang cukup supaya bisa tumbuh besar dengan baik. Asupan gizi juga penting supaya tidak mudah sakit. Tapi bagaimana jika anak terus-terusan menolak makan?

Kalau mengalami hal itu, Bunda harus banyak bersabar. Jangan terpancing emosi. Hindari memaksa anak, sebab bisa membuatnya semakin tak mau. Lebih baik dekati dan bujuk pelan-pelan.

Cara agar Anak Doyan Makan

Ada beberapa tips anak tidak doyan makan yang bisa diikuti. Dijamin membuatnya makan dengan lahap. Yuk kita simak, Bun.

agar anak doyan makan

Beri Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering

Tak semua anak bisa bisa diberi porsi banyak sekaligus. Justru ada yang menolak makan karena sudah merasa kenyang duluan. Sebaiknya beri makanan dalam porsi sedikit saja, Bun.

Jadi sang anak tidak kewalahan menghadapi piringnya. Walaupun porsinya sedikit, usahakan tetap memberi makanan bergizi seimbang. Jangan lupa sajikan nasi, sayur, dan lauk berprotein serta berlemak baik.

Tentu anak lebih tertarik untuk makan. Supaya tidak kelaparan, sajikan makanan lebih sering dari biasanya. Mungkin Bunda terbiasa memberinya makan 3 kali sehari. Kali ini, coba beri makan 5 – 6 kali sehari dalam porsi sedikit.

Waktunya bisa menyesuaikan kegiatan anak. Misalnya makan sekali saat pagi, dua kali saat siang, sekali saat sore, dan sekali saat malam. Tips anak tidak doyan makan ini butuh ketelatenan, jadi semangat ya Bun.

Buat Makanan Berbentuk Menarik

Penampilan makanan yang membosankan bisa membuat anak tidak berselera. Yuk coba membentuknya dengan menarik. Cara mengatasi anak yang tidak doyan makan ini butuh keterampilan Bunda.

Luangkan lebih banyak waktu untuk memasak. Khusus untuk makanan anak, bentuk sekreatif mungkin. Sedang menggoreng sosis ? Jangan sajikan begitu saja. Dengan tusuk sate, buatlah jadi sate sosis yang menarik.

Bisa diselingi dengan potongan tomat supaya warnanya beragam. Bagaimana kalau hendak membuat roti berlapis selai ? Bunda bisa menggulung roti itu lalu memotongnya seperti sushi.

Gunakan tusuk gigi untuk merekatkan roti supaya tidak lepas. Masih ada banyak berbagai resep menarik lainnya. Bisa dicari di internet maupun video tutorial. Kelihatannya sepele. Tapi penampilan makanan yang menarik membuat anak lahap lho, Bun.

Buat Menu Makanan Yang Bervariasi Supaya Tidak Bosan

Orang dewasa saja bisa bosan, apa lagi anak-anak? Menu makanan yang sama terus setiap hari akan membuatnya tidak berselera.

Coba luangkan waktu untuk bereksperimen, Bun. Tips anak tidak doyan makan kali ini butuh ketelatenan dalam memasak. Cari beberapa jenis makanan yang memakai bahan sama.

Misalnya tahu goreng, sup tahu, dan sate tahu bacem. Semuanya menggunakan tahu tapi rasa dan penampilannya bermacam-macam. Anak pun tidak bosan memakannya. Bunda juga bisa menghemat waktu saat berbelanja bahan makanan.

Ciptakan Suasana Yang Menyenangkan Saat Anak Makan

Suasana yang terburu-buru bisa membuat anak malas makan. Apalagi kalau dipaksa, dia bisa tersedak dan menangis. Lebih baik luangkan lebih banyak waktu untuk makan bersama.

Apalagi saat pagi hari sebelum berangkat sekolah. Bangunkan anak lebih awal, lalu siapkan dia untuk berangkat. Pastikan punya cukup banyak waktu untuk sarapan. Jadi anak bisa menikmati makananannya pelan-pelan sampai habis.

Lainnya: Cara membuat anak tidur siang

Supaya lebih menyenangkan, Bunda bisa menyalakan televisi untuk ditonton sambil makan. Tips anak tidak doyan makan ini pasti berhasil.