cara-membuat-anak-tidur-siang

4 Cara Membuat Anak Tidur Siang dengan Nyenyak

Cara membuat anak tidur siang – Anak-anak butuh tidur siang supaya pertumbuhannya optimal. Namun sayang, banyak anak yang nggak suka atau malas melakukannya. Mereka lebih tertarik main seharian.

Padahal, tentu mereka capek setelah bersekolah. Akibatnya jadi kekurangan istirahat dan pertumbuhannya terhambat. Nggak mau begitu kan Bun? Sebenarnya ada berbagai cara membuat anak suka tidur siang. Lakukan satu per satu dengan sabar sampai anak menurut.

Cara Membuat Anak Tidur Siang

cara-membuat-anak-tidur-siang

Sebaiknya jangan memaksa ya Bun, sebab bisa membuat anak marah dan semakin bandel. Pakai cara yang lembut supaya dia tertarik dengan sendirinya. Yuk sekarang simak tips dan trik berikut ini.

Buat Jadwal Tidur Siang

Usahakan menidurkan anak di waktu-waktu yang sama. Biasanya, waktu yang tepat adalah setelah makan siang. Bisa pukul satu atau dua. Namun jangan langsung menyuruhnya tidur.

Beri jeda waktu sekitar 30 menit supaya makanan bisa dicerna dengan baik. Setelah itu, bawa dia ke kamar tidur dan matikan lampu. Bagaimana kalau dia nggak mau dan berusaha pergi? Jangan buru-buru marah ya, Bun.

Bujuk untuk kembali ke tempat tidurnya. Lalu bacakan buku dongeng sampai dia mengantuk. Perut yang kenyang biasanya membuat badan lebih cepat mengantuk. Usahakan pilih waktu yang sama setiap hari ya, supaya anak jadi terbiasa.

Ajari kedisplinan dengan baik. Cara ini akan membuat anak suka tidur siang.

Jangan Lupa Boneka Kesayangannya

Biasanya anak kecil punya barang yang disayangi. Bisa berupa boneka, guling, selimut, dan sebagainya. Manfaatkan hal tersebut agar anak menyukai tidur siang.

Bagaimana caranya?

Sebelum menidurkan anak, siapkan tempat tidurnya dengan baik. Pastikan semua rapi dan nyaman tiduri. Selain itu, tata boneka-boneka kesayangannya di tempat tidur. Anak akan tertarik saat melihatnya sehingga mudah digiring ke tempat tidur.

Bagaimana kalau dia tetap menolak? Anda bisa memainkan bonekanya dan berpura-pura kalau boneka itu mengajak tidur.

Biasanya anak kecil mudah percaya, jadi dia akan menurut. Yang penting adalah memastikan boneka-boneka bersih dari debu supaya nggak mengundang penyakit.

Cari Jam Tidur Yang Tepat

Kalau tidur terlalu sore, anak akan susah tidur di malam hari. Akibatnya dia akan tidur lebih larut dan kesiangan esok paginya. Hal itu bisa membuatnya malas tidur siang lagi.

Bagaimana cara mengatasinya? Untuk membuat anak suka istirahat siang, Bunda perlu mencari jam tidur yang tepat. Jangan terlalu sore.

Usahakan tidur mulai pukul satu atau dua siang. Jadi anak akan bangun di saat yang tepat. Tidur malamnya juga nggak terganggu.

Baca juga: Resep Jajanan Anak Murah

Namun, bagaimana kalau anak sudah terbiasa tidur sore hari? Majukan saja jam tidurnya sedikit demi sedikit. Pada akhirnya, dia akan tidur di jam yang ideal. Kebutuhan istirahatnya pun tercukupi.

Hindari Suasana Yang Ribut

Supaya lebih mudah tidur, Bunda perlu menyiapkan suasana yang pas. Hindari memakai alat elektronik bersuara keras seperti blender atau pengering rambut.

Sebagai gantinya, Bunda bisa menyalakan musik instrumental. Iramanya yang lembut akan membuat anak cepat mengantuk. Jangan berbicara terlalu keras di dekatnya.

Kalau diminta untuk mendongeng, jaga suara supaya tetap lembut dan tenang. Jangan lupa mengubah ponsel menjadi model silent supaya nggak berisik saat ada pesan masuk. Kalau cara ini diikuti, dijamin bisa membuat anak suka tidur siang.

Lainnya: Hak Anak di Rumah yang Wajib Dipenuhi

Dampak positifnya akan terasa dalam jangka panjang. Karena kebutuhan istirahat tercukupi, anak akan tumbuh besar dengan lebih maksimal.