7 Cara Menata Dapur Kontrakan yang Sempit & Berpetak agar Rapi

Advertisements

Bagi pasangan yang belum mampu membeli rumah, menyewa kontrakan merupakan cara yang sangat bagus untuk melatih kemandirian. Namun bagaimana jika kebetulan ruang dapur kontrakan yang disewa sempit dan berpetak?

Sebenaranya, jika kalian cermat dan tahu cara menata dapur kontrakan tersebut. Maka, dapur di rumah kontrakan yang sempit pun bisa terasa lebih lapang, luas, dan rapi.

Cara Menata Dapur Kontrakan

cara menata dapur kontrakan yang rapi

Yuk simak ulasan tips dan cara menata ruang dapur kontrakan berikut. Penataan yang cocok dan sesuai dengan selera kalian akan membuat suasana rumah kontrakan menjadi nyaman walaupun kontrakan memiliki beberapa petak.

1. Gunakan Rak Piring Gantung

Piring dan peralatan rumah tangga biasanya bertambah seiring dengan jumlah anggota keluarga. Untuk menyiasati dapur kontrakan yang sempit, kalian tidak perlu memiliki banyak peralatan makan tersebut.

Selain itu, kalian dapat menggunakan rak piring besi gantung, yang memiliki beberapa tingkat. Sehingga peralatan dapur yang belum terlalu banyak tersebut bisa digantung di atas tempat cuci piring.

Rak piring tingkat yang digantung di atas tempat cuci piring (dinding dapur) dapat mengurangi pengunaan ruang (space) dapur.

2. Gunakan Rak Serbaguna Bersusun

menata dapur rumah kontrakan yang sempit

Rak susun serbaguna sangat praktis untuk membuat ruang dapur menjadi rapi. Harga rak susun pun biasanya murah atau ekonomis. Sehingga tidak membuat kantong menjadi jebol.
Apalagi sekarang sudah banyak rak susun serbaguna untuk dapur. Desain dan bentuknya pun sangat menarik. Bahkan bisa dilipat sehingga tidak memakan tempat.

Rak dapur susun ini dapat kalian gunakan untuk menempatkan peralatan masak, penanak nasi, toples bumbu dapur, ataupun peralatan masak lainnya.

3. Manfaatkan Kontainer

Peralatan dapur dan masak yang jarang dipakai agar tidak membuat berantakan atau memakan tempat, kalian bisa tempatkan di kontainer yang berukuran besar.

Kontainer ini sangat praktis, karena bisa ditaruh di bawah tempat kompor. Menaruh barang lain di atas kontainer tersebut juga tidak mengapa. Karena biasanya kontainer yang besar cukup kokoh dan kuat sehingga tidak apa-apa jika ditempatkan barang di atasnya.

4. Tata Peralatan Masak dengan Hanger

Agar peralatan dapur tidak berantakan, rapi, dan mudah dijangkau menggunakan hanger untuk cantolan merupakan cara yang sangat bagus.

Memang untuk memasak dibutuhkan banyak peralatan seperti parutan, sodet, sendok sayur dan sebagainya sehingga peralatan ini harus diletakkan di tempat yang mudah terlihat. Cara terbaik adalah dengan menggunakan hanger yang bisa digantung di depan atau di dekat kompor.

Penataan peralatan tersebut yang berjejer rapi akan mempercantik dapur rumah kontrakan kalian.

5. Gunakan Wadah yang Seragam

Agar dapur kelihatan lebih rapi, kalian bisa menggunakan wadah yang seragam. Misalnya wadah bumbu dapur, kalian bisa menggunakan wadah dengan bentuk dan warna yang seragam.

Wadah yang seragam, tidak terlalu banyak warna sehingga kelihatan ramai akan membuat tata dapur menjadi lebih indah.

6. Peralatan Dapur yang Tidak Banyak

Peralatan dapur yang terlalu banyak akan sangat susah untuk diatur. Apalagi dengan kondisi ruang dapur kontrakan yang sempit.

Oleh karena itu kalian dapat memaksimalkan penggunaan peralatan dapur yang ada. Jangan terlalu banyak membeli peralatan dapur yang sekiranya jarang atau bahkan tidak akan digunakan.

7. Pencahayaan dan Cat

Rumah kontrakan yang biasanya didesain berpetak 3 yang terdiri dari ruang tidur dan keluarga, kamar mandi, dan dapur agar terlihat rapi bisa disiasati dengan menggunakan pencahayaan yang cukup dan penggunaan cat dengan warna dasar.

Karena kondisi rumah kontrakan yang berpetak, kalian dapat menggunakan minimal tiga lampu sebagai sumber cahaya. Artinya tiap petak tersebut terdapat lampu sehingga petak-petak tersebut lebih terang.

Pun begitu dengan petak rumah kontrakan untuk dapur, jangan lupa gunakan lampu tersendiri untuk dapur. Selain itu, cat dinding dapur juga disesuikan agar suasana dapur lebih nyaman.

Lihat juga:

Kalian bisa mengecat dapur kontrakan dengan warna-warna menarik misalnya putih, krem, abu-abu putih (white grey), ataupun warna pastel bisa jadi alternatif pilihan warna lain.