Fakta dan Sejarah Tentang Istana Versailles di Perancis yang Lengkap

Perancis merupakan Negara impian semua banyak orang. Terkenal sebagai kota romantic pertama di dunia. Itulah sebabnya mengapa Paris selalu memberikan kesan dan suasana romantis di setiap sudut kotanya, termasuk menara Eiffel. Tetapi ada yang lebih menarik dari menara tertinggi, salah satunya yaitu Istana Versailles.

Mengenal Istana Versailles secara Lebih Dekat melalui Fakta Menariknya

istana versailles perancis

Istana megah yang sangat terkenal di Perancis tersebut memiliki fakta menarik. Bahkan, juga memiliki sejarah penting juga proses pembangunan tidak sebentar.

Keberadaannya di barat daya Perancis menjadi salah satu faktor utama kemenarikannya. Berikut fakta menarik lainnya:

1. Menghabiskan Dana yang Fantastic

Sebelum masuk pada pembahasan, Anda harus tahu Istana Versailles adalah, bangunan megah yang menjadi pusat perhatian di daerah Versailles tepatnya berada di sebelah barat daya kota Perancis sekitar 20 kilometer.

Istana megah tersebut terkenal menghabiskan biaya besar dalam pembangunannya.

Para ahli memperhitungkan dan mengasumsikan bahwa istana megah tersebut menghabiskan dana mencapai 200 hingga 300 miliar dollar Amerika.

Jangan menyangkal saat membacanya pasti akan menggelengkan kepala berkali-kali, karena memang sudah dapat terbayang berapa rupiah totalnya.

Luas istana Versailles adalah 8,2 kmĀ²

2. Desain Istana yang Tidak Fungsional

Menurut penulis yang bernama Suzanne Von Drachenfels, walaupun dijadikan sebagai pusat pemerintahan selama beberapa dekade, bangunan tersebut diklaim tidak sepadan dengan desain yang dinilai kurang efisien. Penyebabnya sepele namun untuk jaman itu sempat menjadi sorotan para ahli.

Jarak antara dapur dan ruang makan cukup jauh sehingga makanan Raja sering tersajikan tidak hangat alias dingin.

Sebab sepele bukan tetapi menjadi sorotan karena dinilai sebagai bangunan megah. Selain belum ada toilet layak di dalam karena dibangun pada era dimana sanitasi masih modern.

3. Kisah Pilu di Balik Megahnya Hall of Mirror

Hall of mirror adalah salah satu bagian di dalam Istana tersebut. Namun ternyata kemegahan tempat tersebut menyimpan fakta istana Versailles yang memilukan dan tragis.

Karena di jaman itu cermin merupakan benda yang sangat langka sehingga Raja rela mendatangkan pengrajin dari Venesia.

Menurut Time Travel Turtle yang dilansir oleh idntimes, bahwa saat itu pejabat Venesia membunuh para pengrajin untuk melindungi kejahatan monopolinya.

Di setiap bangunan megah bersejarah selalu tersimpan cerita lain dibaliknya, termasuk tindakan keji dikarenakan melindungi diri sendiri.

4. Taman Versailles menjadi Taman Terbesar di Dunia

Sudah jelas terlihat fakta tersebut akurat karena Raja menghabiskan separuh dana pembangunan hanya untuk membangun taman istana Versailles termegah dan terindah disana.

Memiliki 372 patung yang tersebar di taman seluas mencapai 100 hektar. Lalu disempurnakan lagi dengan 600 air mancur.

Selain air mancur, ada juga 55 fitur air. Lalu, setiap tahunnya ada 210.00 bunga serta 200.000 pohon yang berada di Garden of Versailles tersebut.

Hal itu menyebabkan aroma kuat selalu menghiasi kesempurnaannya. Membutuhkan waktu sangat lama membuatnya, yaitu sekitar 40 tahun.

5. Istri Raja Louis XVI membangun Tanah Milik Pribadi

Nama yang sempat disebutkan dalam lirik lagu Killer Queen karya Band legendaris Queen, yaitu Marie Antoinette ternyata istri dari Raja Louis XVI merupakan Raja dibalik pembangunan istana megah tersebut.

Marie Antoinette membangun tanah miliknya sendiri dan diberi nama The Petit Trianon.

Anda jangan mengira tempatnya hanya sekecil kamar pribadi. Marie mengklaim tempat tersebut sebagai peristirahatan pribadinya.

Beliau menambahkan teater, area pertanian, sampai kuil cinta yang berisi patung dewa-dewa cinta. Bahkan Marie memiliki gua pribadi di tanahnya tersebut.

Lihat juga: Tempat Wisata di Spanyol

Sejarah Istana Versailles yang Singkat dan Bermakna

Sebenarnya sejarah dari istana termegah di Perancis ini sangat singkat. Karena memang sudah jelas didirikan oleh beberapa Raja Louis.

Asal usul istana tersebut adalah sebuah pondok pedesaan di Versailles yang akhirnya dibangun awalnya oleh Raja Louis XIII pada tahun 1642 sebagai tempat singgah.

Awal mula pembangunan pondok tersebut hanya digunakan sebagai tempat singgah Raja Louis saat berburu ke hutan, lalu diperbesar oleh Raja Louis XIV di tahun 1664-1710.

Proses tersebut terus berjalan sampai menjadi termegah di dunia dan terakhir diperbesar pada masa pemerintahan Raja Louis XVI.

Hall of Mirror menjadi Ciri Khas Interior Istana Versailles

hall of mirror istana perancis

Seperti pada kebanyakan istana, walaupun termegah di dunia mereka akan selalu membangunnya dalam balutan interior klasik khas bangunan istana pada umumnya.

Hanya saja penyematan ukiran dan warna memperlihatkannya lebih megah dan mewah dari istana lainnya di dunia.

Hall of Mirror menjadi ruangan dengan ciri khas dari interior istana Versailles terbaik. Penyematan warna emas dan lampu Kristal dan desain kaca terlihat terbaik karena pengrajin didatangkan langsung dari Venesia.

Hall of mirror sendiri didesain oleh seorang arsitek bernama Charles LE Brun.

Simak juga: Masakan khas Spanyol

Fungsi Istana Versailles pada Masa Berjayanya

Fungsi istana Versailles diambil waktu tempat tersebut masih aktif digunakan sebagai pusat pemerintahan kota Perancis.

Dari situlah mengapa istana tersebut dibangun semegah itu. Berikut sedikit fungsi dari istana termegah di dunia pada masa emasnya dahulu:

1. Tempat Peristirahatan Raja Louis VIII dari Berburu

Seperti yang sudah dibahas dalam sejarah, bahwa pada mulanya istana tersebut hanya merupakan sebuah pondok yang terletak di tengah pedesaan Versailles.

Dahulu kala, Raja Louis VIII sering menghabiskan waktu bersama ayahnya Henry IV dengan berburu binatang di Versailles.

Lalu kisah berlanjut saat Raja Louis VIII menggantikan ayahnya dan menjadi sangat menyukai Versailles, dari situlah pada tahun 1623, beliau memutuskan untuk membangun sebuah pondok untuk dijadikan tempat persinggahan saat berburu. Pondok tersebut menjadi dasar pondasi dari istana megah saat ini.

2. Sebagai Pusat Pemerintahan Kekuatan Politik Kerajaan Perancis

Istana ini merupakan simbol kemewahan bagi bangsawan Eropa pada masa itu, oleh karenanya pada periode tahun 1682-1789 istana di daerah Versailles tersebut menjadi pusat pemerintahan juga kekuatan politik kerajaan Perancis dan sampai saat ini masih terkenang secara rapi disana.

Membahas secara singkat tentang keberadaan dan juga sejarah tentang istana Versailles terasa kurang afdol jika tidak mendatanginya.

Siapa sangka dibalik kota romantis Paris terdapat bangunan megah bersama fakta memilukan sampai kurang bisa dipercaya. Anda bisa mendatanginya saat liburan tiba.